FISIOLOGI OLAHRAGA “EFEK LATIHAN”

BAB I

PENDAHULUAN

 Latihan fisik merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh. Latihan fisik umumnya dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, tergantung pada pengaruh yang ditimbulkannya pada tubuh manusia. Latihan mengakibatkan perubahan fisiologis hampir seluruh sistem tubuh, khususnya pada sistem otot dan kardiovaskuler.

Efek latihan pada tubuh adalah semua yang terjadi dalam latihan. Bagaimanapuun, jika pembebanan latihan terlalu ringan, efek latihan setelah pemulihan akan menjadi kurang dari yang diharapkan. Jika pembebanan latihan terlalu besar / berat maka kondisi akan kembali seperti semula.

Konsep efek pelatihan tergantung pada poin kunci. Ketika seorang atlet melakukan latihan aerobik, jantung dan otot-otot pernafasan menjadi lebih kuat. Juga, tekanan darah menurunkan atlet, dan jumlah sel darah meningkat. Tubuh menjadi lebih efisien dan, sebagai hasilnya, latihan yang sebelumnya akan sangat berat menjadi lebih mudah dan menambah beban sedikit pada tubuh. Latihan menjadi lebih mudah, sehingga kemampuan mereka untuk meningkatkan berkurang secara keseluruhan atlet kebugaran.

 

BAB II

PEMBAHASAN

Efek dari pelatihan dapat dipelajari paling mudah dengan mengelompokkan perubahan sebagai berikut, Fox (1988:324):

1)     Yang terjadi pada lavel jaringan, yaitu, perubahan biokimia;

2)     Yang terjadi secara sistemik, yaitu orang mempengaruhi sistem peredaran darah dan pernapasan, termasuk tranport oksigen sistem; dan

3)     Perubahan lain seperti kita mereka yang peduli dengan komposisi tubuh, kolesterol darah dan trigliserida, perubahan tekanan darah, dan perubahan sehubungan dengan panas aklimatisasi.

 Adapun penjelasannya:

 1) Perubahan Biokimia,

Didalam perubahan biokimia terdapat tiga inti yaitu perubahan aerobik, perubahan anaerobik, dan perubahan relatif dalam Cepat dan lambat.

 a) Perubahan aerobik

Dalam fox (1988:324-325),  perubahan yang terjadi pada sistem aerobik setelah latihan, yaitu:

-        Meningkatkan kandungan myoglobin, kandungan mioglobin dalam otot rangka telah terbukti secara substansial peningkatan kualitas pelatihan. Mioglobin adalah pigmen yang mengikat oksigen yang mirip dengan hemoglobin. Dalam hal ini, ia bertindak sebagai toko untuk oksigen. Namun, hal ini dianggap sebagai fungsi kecil dalam memberikan kontribusi bagi perbaikan sistem aerobik. Fungsi utamanya dalam membantu pengiriman (difusi) oksigen dari selaput sel ke mitokondria mana dikonsumsi

-        Peningkatan oksidasi karbohidrat (glikogen). Pelatihan meningkatkan kapasitas otot rangka untuk memecah glikogen dengan adanya oksigen (oksidasi) untuk CO2 + H2O dengan produksi ATP. Dengan kata lain, kapasitas otot untuk menghasilkan energi aerobik ditingkatkan. Bukti untuk perubahan ini adalah peningkatan daya aerobik maksimal (VO2 max).

b) Perubahan anerobik

Dalam fox (1988:327-328),  perubahan yang terjadi pada sistem anerobik setelah latihan, yaitu:

-        Peningkatan Kapasitas dari Phospagen (ATP-PC) sistem. Kapasitas dari sistem ATP-PC ditingkatkan dengan dua perubahan biokimia utama: (a) peningkatan tingkat toko otot ATP dan PC, dan (b) kegiatan peningkatan enzim kunci yang terlibat dalam sistem ATP-PCListen

Read phonetically

-        .

-        Listen

-        Read phonetically

-        Peningkatan kapasitas glikolitik. Tidak hampir sebanyak mungkin informasi mengenai dampak pelatihan pada glikolisis anaerobik (sistem asam laktat) tersedia dibandingkan dengan bahwa untuk sistem aerobik. Namun demikian, sejumlah penelitian yang dirancang dengan baik telah menunjukkan bahwa beberapa enzim glikolisis kunci yang mengendalikan secara signifikan diubah oleh pelatihan fisik Pentingnya aktivitas enzim glikolisis meningkat adalah bahwa mereka mempercepat laju dan kuantitas glikogen dipecah menjadi asam laktat

 c) perubahan relatif dalam Otot Cepat dan lambat.

Dalam fox (1988:327-328),  perubahan yang terjadi pada perubahan ralatif dalam otot cepat dan lambat setelah latihan, yaitu:

-        Efek yang terjadi  pada kapasitas aerobik, adalah cukup baik setuju bahwa potensi aerobik otot rangka pelatihan berikut ini meningkat sama kedua otot. Ini berarti bahwa perbedaan yang melekat dalam kapasitas oksidatif antara jenis otot tidak diubah oleh pelatihan

-        Efek yang terjadi pada kapasitas glikolitik hanya terjadi pada peingkatan pada tipe serabut otot cepat

-        Efek latihan tidak akan terjadi pada tingkatan yang sama diantara kedua tipe serabut otot. Efek latihan terhadap keduanya dipengaruhi oleh tipe latihan, intensitas latihan dan lamanya latihan

-        Efek latihan tidak bisa mengubah (mengkonversi otot).

2) Perubahan Sistemik,

Didalam perubahan sistemik terdapat tiga inti yaitu sistem peredaran darah dan pernapasan, termasuk tranport oksigen sistem

a) Sistem Perdaran Darah dan Pernapasan

pertama kita akan membahas beberapa perubahan yang dibuktikan dalam kondisi istirahat, dan kemudian kita akan menjelaskan perubahan-perubahan sistemik yang menonjol selama latihan submaksimal dan maksimal.

Ada lima perubahan utama yang dihasilkan dari pelatihan yang jelas pada saat istirahat:

1.       perubahan ukuran jantung,

2.       detak jantung yang menurun,

3.       stroke volume meningkat,

4.       peningkatan volume darah dan hemoglobin dan

5.       perubahan dalam otot rangka.

Beberapa perubahan penting dalam fungsi transportasi oksigen dan sistem terkait berikut pelatihan dibuktikan selama steady state, latihan submaksimal.

1.       Tidak ada perubahan atau sedikit Penurunan konsumsi oksigen

2.       Penurunan pemanfaatan glikogen otot

3.       Penurunan produksi asam laktat (Kenaikan anaerobik Threshold)

4.       Tidak ada perubahan atau sedikit Penurunan cardiac output

5.       Peningkatan stroke volume

6.       Penurunan denyut jantung

7.       Perubahan aliran darah otot

Perubahan selama latihan maksimal itu adalah pengetahuan umum bahwa pelatihan fisik sangat meningkatkan kapasitas kerja maksimal. Beberapa perubahan perubahan fisiologis yang diperlukan untuk membawa perbaikan tersebut.

1.   Peningkatan Daya aerobik maksimal

2.   Peningkatan cardiac output

3.    Peningkatan volume Stroke

4.   Tidak ada perubahan atau sedikit penurunan denyut jantung

5.   Peningkatan produksi asam laktat

6.    Tidak ada perubahan dalam aliran darah otot

b) Perubahan Respiratory

1.   ventilasi menit maksimal dalam pelatihan berikut berkerut. Karena ventilasi bukan merupakan faktor pembatas untuk VO2 max, peningkatan ventilasi maksimal harus dipertimbangkan sekunder untuk meningkatkan dalam VO2 max. Namun demikian, kenaikan tersebut disebabkan oleh peningkatan baik volume tidal dan frekuensi pernafasan.

2.   Pelatihan menyebabkan peningkatan efisiensi ventilasi. Efisiensi ventilasi yang lebih tinggi berarti bahwa jumlah ventilasi udara pada tingkat konsumsi oksigen yang sama lebih rendah dari pada orang terlatih. Karena biaya oksigen meningkat ventilasi sangat dengan meningkatnya ventilasi, ventilasi sebuah efisiensi yang lebih besar, khususnya melalui upaya berkepanjangan (misalnya maraton) akan menghasilkan kurang oksigen ke otot pernapasan dan lebih untuk bekerja otot skeletel.

3.   Volume berbagai paru diukur dalam kondisi istirahat (dengan pengecualian volume tidal) lebih besar dalam dilatih dari pada orang terlatih. Sebagian besar perubahan ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa hasil pelatihan dalam fungsi paru membaik dan oleh karena itu dalam volume paru-paru yang lebih besar. Ini harus disebutkan, bagaimanapun, bahwa ada sedikit, jika ada, hubungan antara kinerja atletik dan perubahan volume paru-paru ini.

4.   Atlet cenderung memiliki kapasitas difusi yang lebih besar saat istirahat dan selama latihan dibandingkan non atlet,. Hal ini terutama berlaku untuk atlet ketahanan. Diperkirakan bahwa difusi kapasitas per detik tidak langsung dipengaruhi oleh pelatihan melainkan bahwa volume paru yang lebih besar dari atlet memberikan daerah permukaan lebih besar alveolar-kapiler.

 3. Perubahan Lain

selain perubahan biokimia dan perubahan dalam sistem kardiorespirasi, pelatihan menghasilkan perubahan penting lainnya. Yaitu

a.    komposisi tubuh,

Perubahan komposisi tubuh yang disebabkan oleh pelatihan adalah sebagai berikut: (1) penurunan lemak tubuh total, (2) tidak ada perubahan atau sedikit peningkatan bobot tubuh total, dan (3) penurunan berat badan kecil di total. Untuk sebagian besar, perubahan-perubahan, khususnya yang kehilangan lemak, lebih jelas untuk pria obse dan perempuan daripada individu yang sudah “ramping”.

Dalam membahas perubahan komposisi tubuh, penting untuk diingat bahwa hilangnya lemak tubuh adalah tergantung pada keseimbangan antara kalori diambil dan pengeluaran kalori. Arti penting dari penelitian ini adalah bahwa biaya kalori berjalan dan berjalan tidak tergantung pada kecepatan. Dalam hal berapa kalori yang dikeluarkan, tidak seberapa cepat Anda menjalankan atau berjalan, tetapi sejauh mana Anda bepergian. Selain itu, perhatikan sangat penting bahwa (1) lebih banyak kalori yang dikeluarkan ketika menjalankan daripada berjalan dalam jarak tertentu dan (2) perempuan mengeluarkan lebih banyak kalori per kilogram berat badan dibandingkan laki-laki baik berjalan atau menjalankan suatu jarak tertentu.

b.   kolesterol darah dan trigliserida,

program latihan teratur menyebabkan penurunan baik kolesterol darah dan trigliserida. Perubahan ini terutama terlihat pada individu yang awalnya memiliki kadar darah yang sangat tinggi sebelum pelatihan. Yang menarik baru-baru ini adalah jenis spesifik ditemukan kolesterol dalam darah, disebut sebagai high density lipoprotein (HDL), low-density lipoprotein (LDL) dan lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL). Mereka disebut lipoprotein karena kolesterol adalah lemak dan dilakukan dalam darah dalam kombinasi kimia dengan protein tertentu.

 c.    tekanan darah

Mengikuti pelatihan, tekanan darah pada beban kerja mutlak yang sama lebih rendah dibandingkan sebelum pelatihan. Selanjutnya, individu dengan hipertensi menunjukkan penurunan yang signifikan dalam beristirahat tekanan darah diastolik dan sistolik juga.

 d.   aklimatisasi panas, dan

aklimatisasi panas melibatkan penyesuaian fisiologis yang memungkinkan kita untuk bekerja lebih nyaman dalam panas. mempromosikan pelatihan fisik tingkat tinggi aklimatisasi panas bahkan jika sesi pelatihan tidak dilakukan di lingkungan panas. Sebagai contoh latihan interval 50% dari total penyesuaian fisiologis akibat aklimatisasi panas.

Aklimatisasi panas meningkat dipromosikan oleh latihan fisik tampaknya dirangsang oleh jumlah besar panas yang dihasilkan selama sesi pelatihan. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu kulit dan tubuh dalam suatu kulit suhu tubuh dibandingkan dengan yang dihadapi ketika bekerja di lingkungan panas

BAB III

KESIMPULAN

 Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan, bahwa: Efek dari pelatihan dapat dipelajari paling mudah dengan mengelompokkan perubahan sebagai berikut, Fox (1988:324):

1)     Yang terjadi pada lavel jaringan, yaitu, perubahan biokimia;

2)     Yang terjadi secara sistemik, yaitu orang mempengaruhi sistem peredaran darah dan pernapasan, termasuk tranport oksigen sistem; dan

3)     Perubahan lain seperti kita mereka yang peduli dengan komposisi tubuh, kolesterol darah dan trigliserida, perubahan tekanan darah, dan perubahan sehubungan dengan panas aklimatisasi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

FOX, . 1988. The Physiological Bhasis of Physical Education and Atheletics. New York : W.B Saunders Company.

Nawawi,Umar, . 2007. Diktat Fisiologi Olahraga. Padang. Universitas Negeri Padang

Sahara, Sayuti; 2003. Konsep Rangkuman dan Penjelasan : The Physiological Bhasis of Physical Education and Atheletics, Padang. Pasca Sarjana UNP

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s